Daily report_2

Selasa, 28 Januari 2020

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hallo guysss, apa kabar? Semoga kalian tetap dalam keadaan sehat walafiat aamiin. Dan jangan bosan-bosan yah mengunjungi situs blog aku heheh. Alhamdulillah masih di beri kesehatan, kesempatan oleh allah swt melaksanakan rutinitas kita sehari-hari. Jadi hari ini kami masuk praktek pukul 07.00 am. Kami diinformasikan hari sebelumnya agar datang cepat. Namun, hari ini saya dan teman saya terlambat sekitar 10 menit karena biarpun kami bangunnya cepat tapi diasrama itu ada 4 orang dalam satu kamar jadi kami harus antri kalau mau mandi jadi mungkin biasa agak terlambat beberapa menit.

Pagi ini kami melanjutkan dari preparean kami kemarin. Nahh, dari pagi itu saya sudah di chat salah satu teman kelompok saya untuk handle nasi. Jadi sesampainya saya dikitchen, saya lalu masak nasi dengan salah satu teman kelompok saya. Setelah beberapa saat kemudian kami di suruh oneline dan di ajar lagi oleh kak alkis. Kami ditanya mengenai preparean dan apa-apa saja yang belum. Untuk kelompok kami, dari nasi sudah, lawar pakis sambelnya kemarin sudah diprepare tinggal blanch pakisnya setelah itu dicampur sambelnya, kelapa sangrai, jeruk nipis dan seasoning.

Untuk konro, tinggal bakar konronya dengan diseasoning terlebih dahulu dan mereduce lagi kuah dari konro tersebut. Maaf yah guyss untuk konro,saya belum bisa menjelaskan secara detail karena kebetulan bukan saya yang handle sehingga saya belum begitu paham. Dan untuk pallu ce'la itu ternyata kami memakai ikan yang sudah difillet. Karena kemarin kami disuruh untuk menunggu ikan datang dan sampai di pagi hari setelah kami cek, belum ada juga. Akhirnya kami bertanya ke kak alkis dan pak jaya dan ternyata kami memang memakai ikan fillet tersebut. Jadi untuk hari ini, ikan pallu ce'la kami sedikit agak terlambat karena baru ada keputusan ikan apa yang akan kami gunakan sehingga kami baru memotong ikan.

Nah,, setelah ikannya sudah di potong-potong kecil, saya marinate dengan garam dan jeruk limo secukupnya agar menghilangkan bau amisnya. Untuk kuahnya, kami tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan tumis juga bawang putih dan bawang merah yang di slices, masukkan kuahnya dan tambahkan kunyit. Lalu masukkan air secukupnya kemudian masukkan ikannya lalu seasoning. Kata kak alkis pallu ce'la ini ikannya tidak boleh sampai hancur banget dan sangat identik dengan rasa asamnya. Rasa asamnya sudah dapat tapi kayaknya masih kurang, karena tidak ada mangga mentah untuk menambahkan rasa kecutnya itu. Sehingga kami tadi memakai jeruk nipis.

Setelah semuanya sudah ready, tinggal garnish dan plating. Baik garnish untuk bahan foti maupun untuk dibawa ke restoran, open restorant tadi sekitar 10.20 am. Kemudian kami lanjut lagi di menu buffet selanjutnya yaitu, indonesian buffet. Kali ini kelompok kami handle dissert yaitu  doko-doko cangkuning dan bubuh wijin. Kami langsung bagi-bagi tugas. Ada yang mengambil daun pisang. Nah guyss,,kami tuh sampai heran kok nggk ada tersedia daun pisang dan ternyata kami salah menu. Menu yang kami prepare itu harusnya di hari kamis. Yah kamu lanjut saja karena semua teman-teman sudah prepare. Selanjutnya saya steam Kelapa parut yang membeku yang akan dibuat sebagai isian dari doko-doki cangkuning. Cara buatnya yaitu dengan, lelehkan gula merah dan jangn lupa tambahkan air kemudian masukkan kelapa parutnya aduk hingga gula merah dan kelapanya menyatu. Namun karena mungkin cara  dan takaran kami salah jadinya agak keras karena kekurangan air. Namun tetap aja enak heheheh

Dan untuk cangkuningnya itu, masak santennya sampai panas lalu tuang santen ke bowl yang berisi tepung ketan,salt dan tambahkan pewarna daun pandan, aduk hingga rata sampai teksturnya tidak lengket ditangan dan mudah untuk di bulat-bulat. Untuk Langkah kedua yaitu, campur semua bahan yaitu, tepung beras, tepung ketan, gula, salt, vanilla extra, coconut milk, daun pandan Masak semuanya hingga mateng (adonan putih). Adonan cangkunignya tadi diisi dengan isian yang sudah dibuat lalu dibulat-bulat dan direbus. Kemudian buat dauunya masukkan cangkuningnya dan adonan putihnya hingga jadi seperti doko-doko cangkuning. Setelah itu, kami sholat ashar dulu. Setelah shat ashar, semuanya sudah selesai tinggal di steam besok. Setelah preparean kami selesai kami lalu makan bersama dari hasil masakan kami. Setelah itu kami GC, oneline dan pulang. Mungkin hanya ini, semoga bermanfaat aamiin.

Wassalamualikum warahmatullahi wabarakatuh.










English :
This morning we continued from preparing yesterday. Nah, from that morning i was in a chat with one of my group friends to handle steam rice. so when my group friends to handle steam rice. so when i got to the kitchen, i then cooked rice with one of my group friends. after a few moments later we were told oneline and taught again by kak Alkis. we were asked about preparing and what not yet. For our group, from the rice already, the lawar ferns of the sambel yesterday had been prepared before leaving the fern blanch after it was mixed with the sauce, roasted coconut,lime and seasoning.

For konro, just burn the control by seasoning first and reduce the sauce from the konro again. sorry guys for konro, i haven't been able to explain in detail because i happen to not handle it so i don't really understand. And for the pallu ce'la, it turned out that we used fish that had already been filtered. because yesterday we were told to wait for the fish to arrive and arrived in the  morning after we checked, there is also no fix we use fish fillets.

well, after the fish have been cut into small pieces, i marinate with salt and lime to get rid of the fish smell. for the auce, we saute the spices that have been mashed and stir-fry also garlic and onions that are slices, add the sauce and add turmeric. then add enough water then enter the fish an then seasoning. sir alkis said, the fish must not be completely destroyed and very identical with the sour taste.

TERMINOLOGI :

 

Tahu, juga dikenal sebagai bean dadih, adalah makanan yang dibudidayakan oleh susu kedelai koagulasi dan kemudian menekan dadih yang dihasilkan menjadi blok putih lunak. Ini adalah komponen dalam masakan Asia Timur dan Asia Tenggara. Tahu bisa lembut, tegas, atau ekstra keras. Tahu memiliki rasa yang halus dan dapat digunakan dalam hidangan gurih dan manis. Ini sering dibumbui atau direndam agar sesuai dengan hidangan.
Tahu memiliki jumlah kalori yang rendah dan jumlah protein yang relatif besar. Ini tinggi zat besi, dan dapat memiliki kandungan kalsium atau magnesium yang tinggi, tergantung pada koagulan yang digunakan dalam manufaktur (misalnya kalsium klorida, kalsium sulfat, magnesium sulfat).
Tahu diperkenalkan ke Jepang pada periode Nara (akhir abad VIII) oleh para biksu Buddha Zen, yang pada awalnya disebut "Chinese curd" (tōfu). banyak penggunaan awal tahu 's di Asia adalah sebagai pengganti vegetarian untuk daging dan ikan oleh para biksu, terutama dalam Buddhisme Zen.
Dokumen terawal mengenai tahu di Jepang menunjukkan bahwa hidangan ini berfungsi sebagai persembahan di Kuil Kasuga di Nara pada 1183. kitab Hyakuchin tahu (Dòufu Bǎizhēn), diterbitkan di zaman Edo, daftar 100 resep untuk memasak tahu.





Komentar