Daily activity_3

Rabu, 29 Januari 2019


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hallo guyss, hari ini sudah masuk hari ke-3 praktik setelah training. Tidak terasa waktu sangat cepat berlalu yah. Serasa kemarin masih kerja di industri ehh sekarang kita kembali lagi menjadi seorang pelajar dimana sangat bedalah industri dengan keadaan disini.

Hari ini kami masuk pukul 07.00 am. Setelah berjalan beberapa menit dari asrama kamipun sampai dikitchen. Setelah memakai apron, saya lalu ke pastry untuk melihat doko-doki cangkuning yang telah kami prepare kemarin. Kemarin kami tidak steam setelah dibungkus karena pak jaya bilang besok steamnya supaya teksturnya tetap bagus.

Jadi, salah satu dari kelompok kami menyediakan tempat untuk menyetim. Setelah airnya mendidih, kami masukkan doko-doko cangkuningnya dan direbus selama 15-20 menit. Setelah menunggu, kami lalu angkat dan kami dinginkan kemudian kami plating untuk di foto dan plating untuk dibawa ke restoran. Kemudian saya lalu membantu teman yang lain membuat bubur injin. Kemarin kami sudah masak, namun karena masih belum terlalu mateng, kami steam lagi dan menambahkan air secukupnya serta menambahkan simple syrup. Setelah beberapa menit, buburnya pun jadi dan siap untuk dihidangkan.

Karena semuanya sudah selesai, kami lalu lanjut prepare european buffet. Dimana hari ini kami mendapat menu appetizer yaitu macedoine of vegetable mayonaise, jullied fruit salad. Karena ada menu tambahan yaitu, monte cristo sandwich dan club sandwich. Kami lalu membagi-bagi tugas lagi . Saya dan salah satu teman saya bertugas membuat white bread. Karena tidak ada resipi, kami sama-sama mencari resipi yang ada di masing-masing hotel kami.

Kami sempat pusing resep mana yang akan kami gunakan. Dan kamipun mengambil keputusan membuat dengan resipi yang ada diteman kami karen kebetulan dia training di bagian pastry dan bakery. Ternyata emang benar yah,meskipun mungkin resipinya sama namun methodnya akan tidak sama. Kami di bantu salah satu teman kami yang tidak sekelompok dengan kami namun dia tetap back up kami. Meskipun ada sedikit drama namun kita tetap satu hehehe.

Setelah adonannya kalis, kami lalu schale dan memasukkan kedalam loyang yang sudah diolesi butter. Setelah itu, kami bake 30 menit dengan suhu 200 derajat celcius. Karena masih warna putih, kami  tambahkan waktu baKenya hingga lebih dari sejam. Setelah itu kami bawa white bread kami ke pak ical. Dan pak ical mengatakan kalau ini belum bagus karena masih sangat berat. Lalu saya bertanya,apakah adonannya yang belum kalis atau bagaimana. Pak ical said adonanya sudah kalis, namun ternyata kami memang salah. Karena loyang yang kami pakai itu maximal kapasitas 600 gram dan kami memasukkan adonan dengan berat 800 gram itu membuatnya terlalu berat yang membuat white bread kami tidak bagus. tetapi itu akan kami pakai untuk sementara. mungkin sekian dari saya.

wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.








English :
so, one of our groups has a place to set up. after the water boils, we add the eggshells and boil it for 15-20 minutes. after waiting, we then lift and we chill then we plating to be photographed and plating to be taken to the Restaurant. then i then helped another friend make gospel porridge. Yesterday we cooked, but because it was not yet too thin, we steam again and added enough water and simple syrup. after a few minutes,  the porridge is ready and ready to serve.

Since everything is finished, we then continue to prepare the European buffet. where today we get an appetizer menu that is macedoine of vegetable mayonnaise, jullied fruit salad. Because there are additional menus namely, monte cristo sandwiches and club sandwiches. we then divided tasks again. me and one of my friends are in charge of making white bread. because there is no recipe, we are both looking for the recipe that is in each of our hotels.

we got dizzy which recipe we will use. and we also made the decision to make the recipes that were with us because we happened to be training in the pastry and bakery. it turned out to be trus, though the recipe may be the same but the method will not be the same. we were assisted by one of our friends who was not a group with us but he still backed us up. although there is a little daram, but we are one hehehe.


TERMINOLOGI :

Bubur ketan hitam (disebut juga bubur pulut hitam atau bubur injit) merupakan hidangan penutup, dengan cita rasa manis, yang terbuat dari beras ketan yang direbus dengan air berlebih hingga lunak, dan biasa disajikan dengan santan. Bubur ketan hitam merupakan sebutan yang dipakai di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Di daerah dengan pengaruh budaya Melayu yang kuat, bubur ini disebut "bubur pulut hitam". Sementara di Bali dan di Nusa tenggara timur, nama dari makanan ini adalah "bubur injit". Makanan ini dapat disajikan dingin maupun hangat.

Manfaat bubur ini adalah : 
Ketan Hitam Mampu Mencegah Diabetes, Ketan hitam mempunyai sifat anti-inflamasi dan akya antioksidan, jika dikonsumsi jangka panjang akan bermnafaat untuk mencegah Alzheimer dan diabetes. Dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara alami. Pekatnya ketan hitam mampu menggantikan sel kulit mati dengan sel kulit baru yang lebih halus dan lembut, serta mengandung pelembab alami bahkan dapat mendinginkan kulit.






Komentar