Daily activity_11

Rabu, 26 Februari 2020

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hallo guyss...
Alhamdulillah hari ini masih diberi kesehatan dan kesempatan oleh allah swt mengikuti kegiatan praktik hari ini. Alhamdulillah praktik hari ini bisa berjalan dengan baik semoga seterusnya akan begitu. Dan sayapun pribadi harus tetap terus semangat dan terus belajar agar dapat membanggakan kedua orang tua aamiin. Dan yang baca blog ini, semoga semua keinginan dan cita-citanya tercapai aamiin.

Yah seperti biasaa, hari ini kami oneline sekitar pukul 08.00 am. Kami sudah datang pukul 07.00, tapi kami mendapat tugas lagi dari pak ical. Dimana anak semester 2, sebelum masuk kitchen, harus di review terlebih dahulu dimana materinya mulai dari basic-basic lalu akan dilanjut dengan pemahaman tentang terminologi suatu product yang akan dibuat. Hari ini ada yang masih belum hafal, cuman saya sudah memberikan informasi bahwa besok harus sudah tau semua.

Setelah itu, kamipun oneline untuk diabsen oleh salah satu senior kami yaitu Andini suni. Kemudian kami melanjutkan lagi preparean kami. Setelah itu, kami kemudian mengeluarkan bahan preparean kami dari chiller. Saya dan bernov membuat dojang nakeng, jadi bernov membuat paste untuk dojang nakengnya. Untuk pastenya, kami tidak memakai blender. Jadi  kata pak ical, untuk makanan indonesia, maunya bumbu tidak terlalu halus sehingga kami mengahaluskan bumbu dengan cara alami yaitu ditumbuk dengan mortar. Untuk paste dibuat dari bawang merah, cabe merah dan cabe rawit secukupnya. Setelah ditumbuk kemudian di saute dan di seasoning dengan salt, pepper,and gula secukupnya.

Setelah cumi-cumi dan udang di blanch, campurkan paste tadi dan kelapa yang sudah disangrai. Lalu di tambahkan dengan lemon, daun mint dan kemangi. Untuk rujak mie, setelah mie di blanch, egg tofu di goreng terlebih dahulu dengan tepung maizena, timun, nanas, Spring onions, dan bihun. Semuanya kami mix dengan dressing. Untuk membuat dressingnya yaitu dengan cara  slices shallots and garlic.  Lalu Panaskan air untuk melarutkan gula merahnya, tambahkan rice vinegar, Kecap asin, dan kecap manis beri garam dan gula pasir. Setelah dressingnya sudah jadi, saatnya siram ke kondimen yang sudah di mix tadi.

Setelah semuanya selesai dan makanan juga di dibawa ke restoran. Kami melanjutkan prepare untuk membuat celebes buffet. Dimana kali ini, kami lagi mendapat menu appetizer yaitu ada peco doang dan jalangkote. Sebelum membantu teman-teman prepare, saya membuat sambel terasi terlebih dahulu untuk main course. Kemarin kami lupa kalau jika masuk indonesia buffet itu harus ada kerupuk, acar, dan sambal. Saya membuat sambal, sultan membuat acar, dan aul menggoreng krupuk. Setelah itu, kami lalu membantu teman-teman. Setelah beberapa saat, pak ical berjalan menuju saya dengan membawa buah pepaya yang belum matang itu. Saya disuruh untuk menjadikan buah pepaya itu menjadi sayur khas daerah saya. Saya lalu prepare, dan setelah bumbunya sudah mau saya kupas, pak ical kemudian memginfokan kalau dia yang akan membuat sayurnya. Jadi saya preparekan saja.

 Setelah sholat dhuhur,saya lalu saute isian jalangkote. Yang pertama saya lakukan iyalah, saute garlic dan shallot hingga wangi kemudian masukkan daging sapi cincangnya dan tumis hingga dagingnya mateng. Kemudian masukkan carrot dan potatonya, tambahkan air agar matang dengan merata dan seasoning dengan Salt dan pepper. Setelah carrot dan potatonya matang, Matikan apinya dan masukkan bihun yang sudah direndam tadi. Kemudian dough jalangkote di tipiskan dengan alat yang khusus untuk adonan jalangkote. Lalu isi dengan isiannya tadi dan bentuk seperti bentuk jalangkote pada umumnya dan digoreng setengah mateng. Kemudian kami makan bersama, lalu GC dan menunggu pak ical dari kajian untuk oneline dan pulang. Sekian dari saya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.








English :

Me and Bernov made dojang nakeng, so Bernov made a paste for his dojang nakeng. For the past, we don't use blenders. So Pak ical said, for Indonesian food, spices are not too subtle, so we refine seasonings in a natural way that is pounded with mortar. To paste it is made from onion, red chili and cayenne to taste. After being crushed, then saute and seasoned with salt, pepper, and sugar to taste. After the squid and shrimp are blanched, mix the paste and the roasted coconut. Then add lemon, mint leaves and basil. For salad noodles, after the noodles are blanched, egg tofu is fried first with cornstarch, cucumber, pineapple, spring onions, and vermicelli. Everything we mix with dressing. To make the dressing, it is by slices shallots and garlic. Then Heat the water to dissolve the brown sugar, add rice vinegar, soy sauce, and soy sauce give salt and sugar. After the dressing is finished, it's time to flush to the previously mixed condiment.

After everything is finished and the food is also taken to the restaurant. We continue to prepare to make a celebes buffet. Where this time, we again got an appetizer menu that is peco doang and jalangkote. Before helping my friends prepare, I made a chili paste for the main course. Yesterday we forgot that if we enter Indonesia, the buffet must have crackers, pickles, and chili sauce. I made sambal, the sultan made pickles, and I fried the crackers. After that, we then help friends. After a while, Pak ical walked towards me with the immature papaya fruit. I was told to make papaya fruit into my local vegetable. I then prepare, and after I want to peel the seasoning, Pak ical then guides if he will make the vegetables. So I just prepare.

After the midday prayer, I saute jalangkote stuffing. The first thing I did was, saute garlic and shallot until fragrant, then add the minced beef and saute until the meat is fried. Then add the carrot and potato, add the water to cook evenly and seasoning with Salt and Pepper. After the carrot and the potato is cooked, turn off the heat and add the vermicelli soaked earlier. Then dough jalangkote thinned with a special tool for jalangkote dough. Then fill with the contents earlier and form like a jalangkote shape in general and half fried. Then we ate together, then GC and waited pak ical from the study to go oneline and go home. That is all from me.




TERMINOLOGI :


SEJARAH
Kacang tanah meiliki nama latin (Arachis hypogaea L.) merupakan tanaman polong atau legum yang termasuk suku Fabaceae dan dibudidayakan, serta termasuk jenis kacangan kedua terpenting setelah kacang kedelai di Indonesia. Tanaman kacang tanah berasal dari benua Amerika tumbuh secara perdu setinggi 30 hingga 50 cm (1 sampai 1,5 kaki) dengan daun berbentuk kecil tersusun secara majemuk. Kacang tanah adalah salah satu jenis tanaman budidaya selain kacang bogor Voandziea subterranea yang merupakan jenis kacang dengan buah mengalami pemasakan dibawah permukaan tanah. Jika buah kacang bogor masih muda terkena cahaya matahari, maka proses pematangan biji akan terganggu. Di Indonesia, kacang tanah dikenal juga sebagai kacang una, kacang tuban, suuk (Sd), kacang jebrol, kacang bandung, kacang kole, serta kacang banggala. Di  perdagangan Internasional kacang tanah dikenal dengan nama dalam bahasa Inggris yaitu peanut, dan groundnut.


MANFAAT
1. Baik Bagi Ibu Hamil
Kandungan asam folat yang ada pada kacang perlu dikonsumsi wanita yang sedang hamil, terutama diawal kehamilan. Kandungan asam folat berfungsi mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat. Untuk wanita yang sedang hamil mengkonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan juga diperlukan untuk perkembangan otak bayi.
2. Mengurangi Depresi
Dalam kacang tanah juga terdapat kandungan asam amino esensial dengan kandungan tryptophan yang dapat merangsang sorotonin untuk mengendalikan perasaan tetap baik. Efek dari tryptophan menjadi anti depressant dan apabila dikombinasikan dengan manfaat coklat, maka dapat menjadi kolaborasi yang dapat memberi perasaan tenang dan menyenangkan.
3. Batu Empedu
Dalam setiap satu ons kacang tanah atau dua sendok makan selai kacang yang dikonsumsi setiap minggu dapat menjadi bahan untuk menurunkan resiko terkena penyakit batu empedu atau penyakit kandung empedu hingga 25%.
4. Kanker Usus Besar
Kacang tanah dapat dijadikan alternative untuk mengurangi resiko kanker usus terutama pada wanita. Konsumsi setidaknya 2 sendok selai kacang dua kali selama satu minggu dapat mengurangi risiko kanker usus besar bagi wanita sampai 58% dan pada pria 27%.
5. Menjaga Berat Badan
Bagi wanita yang mengkonsumsi kacang atau selai kacang setidaknya dua kali selama seminggu maka akan rentan terkena obesitas daripada mereka yang tidak mengkonsusmi. Jika konsumsi selai kacang setiap pagi dengan irisan roti, maka akan memberikan kesempatan  lebih sedikit mengalami kenaikan berat badan.

NUTRISI

Kandungan Gizi Kacang Tanah (Peanut)

Berikut ini adalah kandungan Gizi Kacang Tanah (Peanut) pada setiap 100 gram-nya.
Jenis Nutrisi / Gizi
Kandungan
AKG%
Kalori (Energi)
570kcal (2385 kJ)
29%
Karbohidrat
21g
12%
Air
4,26g
Protein
25g
46%
Gula
0g
0%
Serat
9g
22%
Lemak
48g
165%
Vitamin A
0g
0%
Vitamin C
0g
0%
Vitamin D
0g
0%
Vitamin E
6,6mg
44%
Vitamin K
1,9µg
1,5%
Vitamin B1 (Thiamine)
0,6mg
52%
Vitamin B2 (Riboflavin)
0,3mg
25%
Vitamin B3 (Niacin)
12,9mg
86%
Vitamin B6
0,3mg
23%
Vitamin B9 (Folat)
246µg
62%
Kalsium
62mg
6%
Zat Besi
2mg
15%
Magnesium
184mg
52%
Fosfor
336mg
48%
Potassium (Kalium)
332mg
7%
Sodium
18mg
1%
Seng (Zinc)
3,3mg
35%





Klasifikasi Kacang Tanah

Tanaman kacang tanah memiliki klasifikasi sebagai berikut;
  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Divisi : Tracheophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Fabales
  • Family : Fabaceae
  • Genus : Arachis L.
  • Spesies : Arachis hypogeae L
Ciri Morfologi Tanaman Kacang Tanah
Adapun untuk karakteristik yang menjadi ciri khas morfologi kacang tanah ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Akar

Kacang tanah memiliki bentuk akar yang hampir sama dengan bentuk akar tanaman legume lainnya. Akar kacang tanah memiliki nodule (bintil akar) akibat dari hubungan simbiosis mutualisme antara bakteri penambat unsur N dengan Rhizobium sp. Akar kacang tanah berbentuk tunggang dan memiliki cabang akar yang tumbuh pada akar utama.

Batang Daun dan Bunga

1.      Kacang tanah memiki batang yang pendek serta berbuku-buku, pada awalnya batang ini akan tumbuh secara tunggal namun lama-kelamaan akan tumbuh cabang. Kacang tanah dapat tumbuh setinggi 30 sampai 50 cm bahkan bisa lebih tergantung dari varietas dan kesuburan tanaman kacang tanah.
2.      Daun kacang tanah berbentuk majemuk besirip genap yang terdiri dari empat anak daun berbentuk bulat, oval, dan agak lancip berbulu. Bunga kacang tanah berbentuk seperti kupu-kupu, dengan warna kuning dan mempunyai tangkai yang tumbuh diketiak daun.
3.      Kacang tanah dapat berbunga setelah berumur 4 sampai 6 minggu, bunga kacang tanah dapat menyerbuk sendiri pada malam hari, dapat mekar selama 24 jam namun setelah itu akan layu dan gugur.
4.      Kacang tanah memiliki cangkang yang keras dan berwarna putih kecoklatan. Pada setiap polong terdapat 1 sampai 4 biji kacang tanah yang terbentuk setelah pembuahan. Polong yang terbentuk disebut Ginovor yang merupakan tangkai polong terbentuk diudara, berbeda dengan polong yang terbentuk didalam tanah.
5.      Kacang tanah memiliki biji yang berbentuk bulat agak lonjong dan terbungkus oleh lapisan tipis berwarna putih atau merah.




Komentar